Bukan blogger pemula, tapi bukan juga seorang blogger master. Blog Piah hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru seputar blog, SEO dan internet

STMIK Insan Pembangunan Kampus Terbaik di Tangerang

kampus stmik insan pembangunan ciledug tangerang
Untuk hari ini saya ingin share lagi sama teman kampus di Insan Pembangunan Tangerang khususnya yang di bidang ilmu komputer dan jaringan STMIK semoga apa yang saya posting hari ini bisa manambah pengetahuan baru . Trima kasih. 

Ketika saya tamat SMA pada tahun 2005 dan memutuskan untuk lanjut ke jurusan komputer, pilihannya saat itu hanya 2: Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. Setelah saya cari lebih dalam, perbedaannya ternyata hanya dari penamaan saja.

Jurusan “Ilmu Komputer” berasal dari “Computer Science” yang banyak digunakan sebagai nama jurusan universitas di Amerika. Sedangkan nama jurusan Teknik Informatika berasal dari “Informatics” yang digunakan universitas di Eropa.

Hal ini diperjelas karena saat itu jurusan Ilmu Komputer hanya bisa ditemukan di universitas, seperti di UI, UGM, USU, Universitas Udayana, dll. Sedangkan nama jurusan Teknik Informatika hanya berada di Institut, seperti ITB atau ITS.

Jurusan komputer ini masih relatif baru, sehingga di beberapa universitas, masih ‘nebeng’ ke Fakultas lain. Jurusan Ilmu Komputer biasanya berada di bawah fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Sedangkan Teknik Informatika berada di bawah Fakultas Teknik.

Perbedaan lain adalah dari titel yang di dapat. Sarjana Ilmu Komputer mendapat titel “S.Kom”, sedangkan sarjana TI mendapat titel “S.T”. Namun karena berada di bawah Fakultas MIPA, beberapa sarjana Ilmu Komputer juga masih mendapat titel “S.Si”. Sebenarnya ini hak universitas mau memberi gelar apa, beberapa sarjana TI juga bisa mendapat gelas “S.Kom”.

Kembali ke perbedaan antara Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, saat itu keduanya tidak terlalu berbeda. Ada yang menyatakan bahwa Ilmu Komputer lebih ke arah ‘sains’, sedangkanTeknik Informatika lebih kearah implementasinya.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan Ilmu Komputer di salah satu PTN. Selang 2 tahun kemudian, di kampus saya muncul jurusan baru: TPL (Teknik Perangkat Lunak). Terus terang kami bingung apa bedanya antara jurusan Ilmu Komputer dengan TPL ini? Apalagi jika dilihat dari mata kuliahnya nyaris sama.

kuliah insan pembangunan bitung tangerang
Karena sibuk kuliah (ehm..), saya tidak terlalu mempertanyakan hal ini. Beberapa senior dan dosen ada yang mengatakan bahwa penambahan jurusan ini sebagai syarat agar jurusan Ilmu Komputer bisa menjadi Fakultas sendiri (terlepas dari MIPA). Akhirnya saya tamat tahun 2010, sebagai sarjana Ilmu Komputer dengan titel S.Kom.

Hingga beberapa waktu lalu, saya masih menganggap bahwa Ilmu Komputer adalah sebutan untuk nama jurusan komputer di Universitas, sedangkan Teknik Informatika adalah nama jurusan komputer di Institut.

Namun ternyata saat ini banyak bermunculan nama jurusan komputer lain seperti: Teknik Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Teknologi Informasi, dll.

Banyaknya nama jurusan ini berasal dari keputusan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang tidak secara tegas mengatur penamaan jurusan komputer (keputusan DIKTI No. 1030/D/T/2010). Setiap Universitas boleh menggunakan nama jurusan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat ini di Perguruan Tinggi tidak lagi hanya ada 1 jurusan komputer, tetapi bisa 2 atau 

Terlepas dari itu semua, kita kembali ke judul artikel ini, apa saja perbedaan antara jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi dan teknik komputer?

3 jurusan pertama sebenarnya sangat mirip (selain teknik komputer). Dalam ketiga jurusan ini anda tetap akan menemukan algoritma, pemrograman, dan mempelajari cara membuat aplikasi komputer, dengan penekanan yang sedikit berbeda.

Saat ini, jurusan Ilmu Komputer lebih contoh kearah ‘sains’-nya komputer, dimana akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dll. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.

Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Disini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga pasti dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI wajib membuat aplikasi.

Jurusan Sistem Informasi akan menggabungkan konsep komputer dan bisnis/management. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya seperti bagaimana berhubungan dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi berdasarkan skala bisnis perusahaan, dst.

Jurusan Teknik Komputer lebih kepada hardware. Walaupun memakai nama ‘komputer’, jurusan ini sering berada di bawah Fakultas Teknik. Ini sebenarnya mirip dengan Fakultas Teknik Elektro, namun juga akan dibahas tentang programming yang menggunakan ‘bahasa mesin’. Hardware disini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ atau processor komputer. Bukan bagaimana merakit komputer.

Perbedaan diatas hanya gambaran umum, dan bisa sangat berbeda tergantung dengan Universitas mana yang akan anda pilih. Beda universitas, beda nama, dan akan beda pula kurikulumnya. Misalnya, kalau anda mengambil jurusan Ilmu Komputer IPB, tentu akan membahas bagaimana implementasi ilmu komputer ke pertanian.

Sebenarnya saya juga bingung dengan banyaknya penamaan jurusan komputer ini, yang (berdasarkan pengalaman saya dulu) tidak terlalu jauh berbeda. Sebaiknya jurusan komputer di Indonesia menggunakan konsep seperti Fakultas Hukum. Dimana semuanya masuk sebagai mahasiswa jurusan hukum, baru di 2 atau 3 semester akhir memilih penjurusan seperti ingin hukum perdata, hukum pidana, dst.

Konsep seperti ini sepertinya sudah diterapkan di ITB (lupa sumbernya dari mana). Penjurusan baru akan dilakukan di tahun ke-2, sehingga setiap mahasiswa bisa tau minat dan bakatnya mau kemana.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "STMIK Insan Pembangunan Kampus Terbaik di Tangerang"

  1. STMIK INSAN PEMBANGUNAN - Kota Tangerang - Perguruan Tinggi ...
    https://id-id.facebook.com/.../STMIK-INSAN-PEMBANGUNAN/1...

    Translate this page
    STMIK INSAN PEMBANGUNAN, Kota Tangerang. 406 suka. Perguruan Tinggi & Universitas.
    STMIK INSAN PEMBANGUNAN - Tangerang - College & University ...
    https://www.facebook.com/.../STMIK-INSAN-PEMBANGUNAN/1...

    Translate this page
    Phone, Suggest a phone number ... STMIK INSAN PEMBANGUNAN, Tangerang. 406 likes. ... Posts about STMIK INSAN PEMBANGUNAN. There are no stories ...
    STMIK Insan Pembangunan | Universitas Pilihan Terbaik | AyoKuliah.id
    https://ayokuliah.id/universitas/stmik-insan-pembangunan/

    Translate this page
    STMIK Insan Pembangunan adalah salah satu Universitas yang termasuk dalam daftar Universitas pada situs Ayokuliah.id yang terletak di kota Tangerang.
    STIE-STMIK INSAN PEMBANGUNAN D3&S1 YANG TERJANGKAU & BERKUALITAS ...
    https://www.kaskus.co.id › ... › Bisnis › Dunia Kerja & Profesi

    Translate this page
    Sep 17, 2014 - 5 posts - ‎4 authors
    Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan yang baik, STIE dan STMIK Insan Pembangunan Campus E Ciledug Mas melengkapi ruangan ...
    STIE - STMIK Insan Pembangunan
    www.insanpembangunan.com/

    Translate this page
    Selamat Datang Sekolah Tinggi - STIE-STMIK Insan Pembangunan. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Iure aperiam consequatur quo.

    BalasHapus
  2. Cara ke STIE - STMIK Insan Pembangunan di Jakarta menggunakan ...
    https://moovitapp.com › ... › STIE - STMIK Insan Pembangunan

    Translate this page
    Moovit akan membantu menemukan rute terbaik ke STIE - STMIK Insan Pembangunan menggunakan Transportasi Umum dan dapatkan panduan langkah ...
    Insan Pembangunan - RoziDotNet
    https://rozidotnet.blogspot.com › Ulasan

    Translate this page
    STIE dan STMIK Insan Pembangunan adalah sebuah perguruan tinggi yang memiliki dua cabang yaitu STIE Insan Pembangunan dan STMIK Insan ...
    Stie - Stmik Insan Pembangunan Kampus E • Instagram photos and ...
    https://www.instagram.com/.../stie-stmik-insan-pembangunan-kamp... - Translate this page
    54 Posts - See Instagram photos and videos taken at 'Stie - Stmik Insan Pembangunan Kampus E'
    STMIK Insan Pembangunan - Home - Direktori Perguruan Tinggi ...
    direktori.kopertis4.or.id/~idik/dirpts/pt/detail/043225

    Translate this page
    Kode Perguruan Tinggi, 043225. Nama Perguruan Tinggi, STMIK Insan Pembangunan. Alamat, Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung. Kota, Tangerang. Kode POS.
    HMSI: Pelatihan Programming
    www.pelatihanprogram-ipemhmsi.16mb.com/

    Translate this page
    Minggu, 02 April 2017 Di Kampus STMIK Insan Pembangunan. Apabila Ada Informasi Yang Kurang Jelas Dapat Menghubungi 0859 4898 7678 (Teddy) ...
    STMIK Insan Pembangunan - Forlap Dikti
    https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/homerekap/.../0/1

    Translate this page
    Rekap Pelaporan PDDIKTI STMIK Insan Pembangunan Export Excel Review Pencarian. NO, Kode, Lembaga, Status, Semester Awal, 2009, 2010, 2011, 2012 ...
    Kampus STMIK Insan Pembangunan Heartline
    stmikinsanpembangunan.blogspot.com › ... › tangerang

    Translate this page
    Kampus STMIK Insan Pembangunan Heartline berlokasi di Jl. Permata Sari No. 1000, Villa Permata-Lippo Village, Karawaci-Tangerang.
    Akreditasi STMIK Insan Pembangunan - AKREDITASI.NET
    akreditasi.net/akreditasi-stmik-insan-pembangunan/

    Translate this page
    Nov 15, 2015 - Profil Kampus : STMIK Insan Pembangunan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di indonesia yang berbentuk Sekolah Tinggi, ...
    STIE/STMIK Insan Pembangunan - Singapore Street Directory
    www.streetdirectory.com/indonesia/jakarta/travel/.../travel_no_/

    Translate this page
    Peta STIE/STMIK Insan Pembangunan di Kadu Jaya, Kelurahan Curug, Tangerang @ Indonesia.

    BalasHapus